PASAR OLIGOPOLI
Pasar Oligopoli
adalah suatu bentuk pasar dimana terdapat dominasi sejumlah
pemasok dan penjual, atau terdapat beberapa penjual. Pasar Oligopoli adalah
suatu bentuk interaksi permintaan dengan penawaran dimana terdapat penjual /
produsen yang menguasai permintaan pasar.
Ciri-ciri
pasar oligopoli :
-Terdapat banyak penjual/ produsen yang menguasai pasar.
-Barang yang dijual dapat berupa brang homogen atau berbeda corak.
-terdapat halangan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk kedalam pasar. Satu diantara para oligopolis merupakan market leader yaitu penjual yang mempunyai pangsa pasar terbesar.
Kelebihan :
-Terdapat banyak penjual/ produsen yang menguasai pasar.
-Barang yang dijual dapat berupa brang homogen atau berbeda corak.
-terdapat halangan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk kedalam pasar. Satu diantara para oligopolis merupakan market leader yaitu penjual yang mempunyai pangsa pasar terbesar.
Kelebihan :
Karena adanya ketergantungan sehingga setiap perusahaan berpikir lebih
keras dalam menentukan strategi dan harga pasaran.
Kekurangan :
Karena intensif dalam pengiklanan menyebabkan harga barangmahal (konsumen
membayar harga lebih mahal daripasasemestinya)
Contoh : MotorYamaha,
Kawasaki, Jupiter, Honda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar