Rabu, 28 November 2012

pasar oligopoli



PASAR OLIGOPOLI
Pasar Oligopoli adalah suatu bentuk pasar dimana terdapat dominasi sejumlah pemasok dan penjual, atau terdapat beberapa penjual. Pasar Oligopoli adalah suatu bentuk interaksi permintaan dengan penawaran dimana terdapat penjual / produsen yang menguasai permintaan pasar.
Ciri-ciri pasar oligopoli :
-Terdapat banyak penjual/ produsen yang menguasai pasar.
-Barang yang dijual dapat berupa brang homogen atau berbeda corak.
-terdapat halangan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk kedalam pasar. Satu diantara para oligopolis merupakan market leader yaitu penjual yang mempunyai pangsa pasar terbesar.



Kelebihan :
Karena adanya ketergantungan sehingga setiap perusahaan berpikir lebih keras dalam menentukan strategi dan harga pasaran.

Kekurangan :
 Karena intensif dalam pengiklanan menyebabkan harga barangmahal (konsumen membayar harga lebih mahal daripasasemestinya)

Contoh :  MotorYamaha, Kawasaki, Jupiter, Honda


Tidak ada komentar:

Posting Komentar